08 April 2009

Apakah Internet Termasuk Media Massa ?

Perkembangan teknologi sekarang ini semakin pesat khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi. Kemunculan teknologi tersebut dimaksudkan agar mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu teknologi informasi yang saat ini banyak digunakan orang adalah internet. Orang-orang di dunia ini banyak mengirimkan dan mendapatkan informasi dengan mudah melalui internet yang juga sangat cepat. Tetapi apakah internet dapat dikategorikan sebagai sebuah media massa karena berfungsi sebagai media informasi?

Marilah kita telaah terlebih dahulu pengertian media massa. Media massa adalah sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita atau informasi berupa pesan kepada masyarakat luas seperti informasi yang ada pada surat kabar dan majalah. Menurut Jalaluddin Rahmat (1985:189), media massa adalah media yang digunakan untuk menyalurkan komunikasi seperti, televisi, radio, pers, film dan sebagainya. Media massa sendiri merupakan media komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dan anonim sehingga informasi dan beritanya (pesan) diterima secara serentak dan sesaat.

Secara kontemporer media massa memiliki tiga fungsi utama, yakni:

  • To inform, menginformasikan segala bentuk informasi yang terangkum dalam sebuah berita ke khalayak luas secara serentak.
  • To comment, memberikan pernyataan atau hak jawab terkait informasi yang diberitakan.
  • To Provide, memberikan “ruang gerak” atau lebih tepatnya forum terkait dengan isu-isu dan pernyataan seseorang terhadap sebuah fenomena.

Selain itu, ada pula fungsi sekunder media massa, seperti:

Ø Kampanye proyek-proyek yang bersifat kemasyarakatan yang sangat diperlukan untuk membantu kondisi-kondisi tertentu.

Ø Memberikan hiburan kepada pembaca dengan sajian cerita komik, kartun, dan cerita-cerita khusus.

Ø Melayani pembaca sebagai konselor yang ramah, menjadi agen informasi dan memperjuangkan hak.

Beralih ke internet. Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan interconnected-networking) yaitu rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Internet dihuni oleh jutaan orang nonteknik yang menggunakannya setiap hari untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Sekitar tahun 1992 di Amerika Serikat, populasi internet sebagian besar adalah para peneliti dan pendidik, dan belum banyak aplikasi serta kelompok minat yang relevan bagi masyarakat umum. Dua tahun kemudian, berbagai layanan utama mendominasi penggunaan internet itu. Sebagai akibatnya internet dibanjiri berbagai sumber daya bermanfaat dan semakin banyak penumpangnya.

Pertumbuhan dan kelarisan internet ini perlu diapahami. Dilihat dari segi jumlah jaringan, orang, sumber daya yang tersambungkan, internet terus menjadi besar, dan semakin bernilai. Sebuah gerbang e-mail adalah suatu jalur hubungan khusus yang hanya memngkinkan pengiriman surat elektronik antara dua atau lebih jaringan. Singkatnya, internet merupakan hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Internet bisa disebut sebagai “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya. Komunikasi ini berlangsung dalam sebuah halaman yang dinamakan website.

Sebuah website (situs web) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web(web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh website yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah website diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root) yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.

Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus atau kepentingan tertentu, misalnya situs detik.com, kompas.com, metrotvnews.com, dan situs berita lainnya.

Kami menyimpulkan bahwa internet sebenarnya bukan mengacu pada konten yang terdapat di dalamnya, melainkan lebih mengacu pada bagaimana kita bisa mendapat data tersebut. Internet hanya merupakan teknologi informasi yang menjadi alat transportasi menuju tempat yang kita tuju atau dapat kita sebut hanya merupakan jaringan. Tempat yang kita tuju ini bernama website. Website adalah sebagian bentuk dari media yang diantarkan internet, sehingga website yang menampilkan wajah seperti media massa elektronik atau media massa cetak yang berfungsi selayaknya surat kabar yang disebut media online.

Misalnya pada saat kita akan membuka metrotvnews.com, berarti kita telah tersambung ke situs yang dimaksud melalui sebuah sistem teknologi yang kemudian mengantarkan diri kita menuju tampilan situs berita yang tersebut. Sistem teknologi inilah yang dinamakan internet, sedangkan situs metrotvnews.com merupakan produk media massa yang berada dalam jaringan internet. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pernyataan internet bukan media massa adalah benar karena masing-masing variabel memiliki makna yang berbeda satu sama lain.

Sumber Referensi:

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

http://rajaampat.wordpress.com/2008/11/17/kenapa-internet-bukan-media-massa/

http://id.wikipedia.org/wiki/Website

http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Created by:

Hanifa Paramitha Siswanti 210110070054

Yasundari 210110070264

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

punya komentar, kritik, dan saran? silakan tulis disini.. ;)

Health Videos

Supported by :

Supported by :