06 Mei 2009

WiMax "Makhluk" Baru dalam Dunia Teknologi Komunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan persaingannya pun ketat. Tidak dipungkiri bahwa dalam beberapa tahun bahkan bulan ke depan akan muncul berbagai teknologi terbaru dan tercanggih yang dapat digunakan oleh manusia di seluruh dunia. Teknologi komunikasi yang sedang berkembang saat ini adalah Wimax. Walaupun masyarakat Indonesia belum sepenuhnya menggunakan Wimax, tetapi kami yakin bahwa dalam beberapa bulan ke depan Indonesia akan dapat menikmati Wimax. Memang Indonesia selalu terlambat dalam menerima dan menikmati sesuatu yang baru dari luar. Namun, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, benar?

Teknologi pre WiMax pernah diimplementasikan di Nangro Aceh Darussalam oleh Yayasan Airputih pada 40 titik awal tahun 2005 untuk bantuan komunikasi penanggulangan bencana tsunami. Namun nampaknya penggunaan frekuensi WiMax masih menjadi masalah di Indonesia. Operator satelit tidak mau frekuensi 3.5 GHz diganggu sementara operator seluler tidak mau diganggu pada 2 GHz atau 3GHz. Implementasi teknologi ini sangat menguntungkan bagi operator untuk menjangkau pedesaan.

Dilansir dari detik.com, pihak Depkominfo akan mengalokasikan blok penomoran untuk broadband wireless access (BWA) agar akses Wimax nantinya juga bisa dipakai untuk panggilan telepon dua arah, dari dan ke nomor telepon tetap maupun seluler. Alokasi nomor yang perlu disediakan untuk akses pita lebar ini sedikitnya satu juta nomor. Fungsi Wimax pun pada akhirnya tak hanya sebagai akses data internet, tapi juga teleponi. Apabila terdapat keterbatasan nomor, maka sudah saatnya pemerintah menerapkan kebijakan number portability.



Pengertian WiMax

WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah standar baru (IEE 802.16) yang tengah dikembangkan oleh Intstitute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Fokus pada pemecahan masalah jaringan luar (outdoor) point to multipoint broadband wireless. WiMax memungkinkan dipergunakan pada berbagai keperluan, diantaranya konektifitas jarak jauh untuk rumah-rumah, bisnis dan backhaul wireless hotspot. WiMax merupakan suatu platform yang digunakan pada Metropolitan Area Network (MAN) yang sebelumnya menggunakan fiber optic, GSB dan FSL. Ini merupakan salah satu bentuk teknologi nirkabel yang sedang menjadi pusat perhatian operator telekomunikasi, pebisnis maupun pengguna internet di dunia.

WiMax secara histori sangat terkait dengan popularitas pendahulunya, WiFi (IEEE 802.11). Standarisasi WiMax mendapat dukungan penuh dari berbagai perusahaan high profile seperti Intel dan perusahaan besar lainnya. Para supporter mempunyai harapan besar pada potensi WiMax. Intel sendiri menyatakan bahwa 802.16 “sepenting Internet itu sendiri”, sebuah teknologi yang akan memungkinkan lima milyar manusia dapat saling berhubungan setiap waktu.


Mengapa WiMax Sangat Menarik?

· WiMax mampu memenuhi kebutuhan berbagai urusan bisnis dengan kecepatan konektifitas T1/E1 dan mendukung kebutuhan rumahan dengan konektifitas DSL secara serempak.

· Menjanjikan biaya yang rendah dan fleksibilitas tinggi dalam pemakaian antar gedung.

· Perluasan dalam penambahan channel dan base station dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan permintaan.

· Mendukung terhadap komunikasi suara dan data.

· Dapat meng-cover radius 50 km. Komputer dan laptop yang berada pada radius tersebut akan bisa terkoneksi dalam satu BTS.

· Kompatibel dengan perangkat bergerak (mobile) untuk percakapan menggunakan protokol VoIP.

· Adanya pencapaian superior dengan mendukung mekanisme handoff, penyimpanan daya untuk mobile device, mengedepankan QoS & latensi rendah untuk aplikasi real time, menggunakan OFDMA (kapasitas dan throughput lebih tinggi yang cocok untuk lingkungan LOS & NLOS.

· WiMax dapat digunakan pada band frekuensi terlisensi karena spectrum merupakan sumber daya yang terbatas.

· WiMax Forum menjamin perangkat yang digunakan pada band frekuensi

· Mengedepankan arsitektur berbasis IP (Advance IP-based architecture) dengan memudahkan operator selular transisi hingga semua menjadi jaringan IP.

· Tumbuh dalam pasar yang menuntut biaya rendah.







WiMax, WiFi, dan Wireless Masa Depan

Tidak seperti 802.11(WiFi), WiMax dirancang khusus untuk lingkungan outdoor. Hal ini memanifestasikan WiMax dalam berbagai cara. Salah satunya, WiMax mempunyai berbagai persyaratan pada physical layer untuk optimizing symbol rate. Hal ini membuat WiMax sangat lamabat munculnya.

Selin itu, WiMax tidak memperdebatkan masalah MAC (Medium Access Control) protocol, seperti CSMA (Common Sense Multiple Access). Hal terpenting dari WiMax adalah dapat mendeliver QOS yang handal dan penempatan bandwith per client yang menjadi sangat penting bagi komunikasi jarak jauh.

Papaparan di atas memberikan fakta kepada kita bawha WiFi adalah langkah yang tepat untuk digunakan pada end user, sehingga WiMax and WiFi akan saling mengisi satu sama lain. WiMax mengisi kebutuhan jaringan akses outdoor tanpa kabel, sedangkan WiFi lebih cenderung kepada jaringan indoor tanpa kabel.



Referensi:

· http://www.smpn2dawarblandong.sch.id/download/wimax-teknologi-baru1.pdf

· http://h1.ripway.com/anjezz/file.pdf

· http://www.mail-archive.com/asosiasi-warnet@yahoogroups.com/msg26836.html

· http://ittutor.net/forums/lofiversion/index.php/t18142.html

· http://www.detikinet.com/read/2009/03/18/145137/1101370/328/dapat-penomoran-wimax-bisa-halo-halo


Created by:

Hanifa Paramitha Siswanti - 210110070054

Yasundari - 210110070264

Mahasiswa Jurnalistik 2007 Fikom Unpad

1 komentar:

punya komentar, kritik, dan saran? silakan tulis disini.. ;)

Health Videos

Supported by :

Supported by :