27 Mei 2009

Diet Sehat Golongan Darah B

Jika Anda memiliki golongan darah B dan ingin menjalani diet sehat tanpa rasa lapar, maka kuncinya adalah keseimbangan. Orang bergolongan darah B tumbuh dan berkembang baik melalui apa yang telah disediakan oleh dunia hewan dan tumbuhan. Artinya, golongan darah B menunjukkan kemajuan yang canggih dalam perjalanan evolusinya, yaitu suatu upaya untuk menyatukan berbagai kebudayaan dan orang.

Apabila Anda mengonsumsi makanan dengan komposisi seimbang antara daging, produk susu, sereal, dan sayuran, Anda akan dapat mengendalikan berat badan dan mencegah penyakit-penyakit berat yang lazim pada kehidupan modern, seperti penyakit jantung dan kanker. Diet golongan darah B akan berhasil karena Anda dapat mengikuti sebuah pedoman diet yang jelas, logis, berdasarkan penelitian, dan dapat dipertangungjawabkan.

Untuk daging dan unggas,golongan darah B sangat bermanfaat untuk mengonsumsi daging kambing, kelinci, domba, dan rusa. Jika anda tidak menyukainya, anda dapat mengonsumsi juga daging sapi, kerbau, hati, kalkun, dan burung unta karena kandungan dalam daging hewan-hewan tersebut bersifat netral bagi orang yang bergolongan darah B. Tetapi Anda harus menghindari daging asap, ayam, bebek, angsa, ham, tupai, penyu, dan lainnya karena banyak mengandung lektin yang dapat menggumpalkan darah orang bergolongan darah B.

Orang bergolongan darah B sangat baik untuk mengonsumsi makanan hasil laut seperti ikan cod, salem, sardin, dan halibut. Asal jangan mengonsumsi ikan barakuda, kepiting, belut, kodok, penyu, udang, siput, tiram, lobster, dan gurita karena akan menyebabkan gangguan pada sistem golongan darah B akibat kandungan lektin di hewan tersebut.

Untuk kategori makanan seperti telur dan produk susu, hanya orang bergolongan darah B yang dapat menikmati hampir semua produk susu. Hal ini disebabkan gula primer dalam antigen golongan darah B adalah D-galaktosamin, yang sama dengan gula pada susu. Orang bergolongan darah B sangat baik mengonsumsi yoghurt, keju mozzarella, susu sapi, dan susu kambing. Minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi bagi orang bergolongan darah B karena minyak zaitun dalam diet membuat saluran pencernaan dan pelepasan menjadi lebih baik dan sehat. Gunakan minyak zaitun paling sedikit satu sendok makan setiap hari. Hindari minyak wijen, minyak bunga matahari, dan minyak jagung karena mengandung lektin.

Untuk kategori sayur-sayuran, terdapat banyak sayuran bergizi dan berkualitas tinggi yang tersedia bagi orang bergolongan darah B. Dapatkan semua manfaatnya dengan mengonsumsi hidangan tiga sampai lima kali sehari. Sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi yaitu brokoli, jahe, daun peterseli, kembang kol, kubis, terung, ubi, dan wortel.

Orang bergolongan darah B juga sangat baik untuk mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, kranberi, nanas, pepaya, pisang, plum, dan semangka. Hindari saja buah pare, kelapa/santan, kesemek, delima, pir, dan belimbing. Buah lainnya dapat Anda konsumsi karena bersifat netral bagi tubuh. Ginseng sangat dianjurkan untuk Anda karena berdampak positif pada sistem saraf. Teh hijau juga sangat baik karena menyediakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Gunakan anjuran-anjuran tadi untuk menunjang diet sehat Anda. Jika berhasil, jangan lupa bagi tips-tips dan pengalamannya dengan mengisi komen pada blog kami yaa...



Keep Healthy Always =)



Sumber:

Adamo, Peter dan Catherine Whitney. 2002. Diet Sehat Golongan Darah B (Blood Type B Food, Beverage, and Suplement List). Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

2 komentar:

  1. whoaaaa kebetulan saya bergolongan darah B dan pengen diet juga...tx ya infonya temannn.usefil sekali!

    BalasHapus
  2. aku juga golongan darah b
    waduhhh, semua makanan yang sering aku makan adalh makanan yang tidak di anjurkan....
    ada dampak nya ngk sih jika makanan2 yang tidak di anjurkan tersebut di komsumsi terlalu lama....
    terimah kasih atas jawabanya......

    BalasHapus

punya komentar, kritik, dan saran? silakan tulis disini.. ;)

Health Videos

Supported by :

Supported by :