05 Juni 2009

The Hatha Yoga



Dalam bahasa Sanksekerta Kuno, yoga berarti union (penyatuan) antara tubuh, pikiran, jiwa, dan alam semesta. Dalam pengertian modern, yoga dapat diinterpretasikan sebagai suatu bentuk olah tubuh yang bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa (Body, Mind, and Soul).

Dalam kehidupan modern seperti saat ini, tubuh kita pasti sering merasa mengalami beban fisik dan juga dilanda stres akibat kegiatan sehari-hari yang dapat menumpuk di bagian tubuh tertentu yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik, mental, maupun psikis.

Untuk mengurangi keadaan tubuh kita yang seperti itu, maka yoga dapat menjadi jalan keluar bagi kita dalam menjalankan hidup yang lebih baik lagi dan juga lebih sehat. Salah satu tempat yoga di bilangan Antapani-Bandung, yang bernama Yoga Leaf menerapkan cabang dari yoga yang disebut Hatha. Hatha adalah salah satu cabang yoga yang masih asli gerakannya dari India yang memfokuskan gerakannya pada teknik asanas (posture), pranayama (breathwork), mudra (gesture), bandha (lock), dan kriya (cleansing) serta relaksasi yang mendalam.



Hatha yoga sendiri juga dibagi dalam beberapa tahap yakni basic hatha, gentle hatha, general hatha, dan morning and evening hatha. Perbedaan dari tahapan tersebut yaitu orang yang belum pernah melakukan yoga sebelumnya pasti masuk dalam tahap basic-gentle hatha karena gerakannya sangat lembut. Jika telah sukses dalam gerakam basic, maka Anda dapat melanjutkan ke tahap general yang gerakannya sedang. Jika Anda sudah pernah beryoga sebelumnya, maka Anda dapat masuk kelas morning & evening hatha.

Wanita hamil juga dapat melakukan yoga dengan mengikuti kelas Prenatal yoga. Teknik dalam kelas yoga ini berguna untuk memberikan ketentraman sekaligus memperkuatdiri saat menjalani kehamilan. Dengan kata lain, program ini membantu calon ibu secara fisik, mental, dan spiritual untuk menghadapi proses persalinan.

Untuk orang yang memiliki penyakit dan sedang dalam masa penyembuhan, maka Anda dapat mengikuti sesi Restorative Yoga. Yoga ini juga dibantu oleh perlengkapan yang dapat memulihkan kesehatan fisik dan ketenangan jiwa serta menyeluruh. Kunjungi situs Yoga Leaf untuk info lebih lengkap.

Jika Anda berminat menjalani yoga, maka bersungguh-sungguhlah agar hasilnya lebih optimal !

Keep Healthy Always =)



Ket :
The Yoga Leaf Centre
Kompleks Ruko Harmoni
Jl. Terusan Jakarta no. 181 kav. 15 Bandung
Telp. 022.87240812 / 08122351522

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

punya komentar, kritik, dan saran? silakan tulis disini.. ;)

Health Videos

Supported by :

Supported by :