06 Juni 2009

We Do Love Chocolate !

Cokelat dikenal sebagai makanan yang membuat tubuh kita berlemak. Namun, apakah Anda percaya bahwa kita bisa juga lho hidup sehat dengan cokleat! Tidak banyak yang tahu jika cokelat mengandung antioksidan flavonoids yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.



Cokelat berasal dari tanaman kakao yang sangat tinggi mengandung flavanols yang termasuk ke dalam golongan flavonoid phytochemical. Tanaman lain yang mengandung zat sejenis adalah tanaman teh dan anggur, namun kandungan flavanols pada cokelat jauh lebih tinggi daripada tanaman lain.

Lalu, bagaimana kandungan lemak yang terdapat dalam cokelat? Dalam kakao, memang mengandung asam lemak jenuh yang sebagian besar berupa asam stearat yang menurut beberapa penelitian tidak akan menaikan kadar kolesterol darah seperti halnya asam lemak jenuh lainnya. Asam lemak lainnya yang terkandung dalam biji kakao adalah asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh yang disebut palmitic fatty acid.

Masalahnya, produk cokelat yang dijual di pasaran telah dicampur sedemikian rupa dengan bahan bahan lain sehingga lemak yang terkandung di dalamnya menjadi mirip dengan lemak susu dan lemak-lemak jenuh lainnya dan bukan lemak dari kakao lagi.

Mengonsumsi beberapa keping cokelat murni setiap hari dapat menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung pada hampir 50% kasus. Pendapat ini diungkapkan oleh seorang peneliti dari John Hopkins University School, USA. Pada penelitiannya terungkap bahwa pembentukan gumpalan darah atau trombus pada pemakan cokelat jauh lebih lambat daripada yang tidak mengkonsumsi cokelat. Hal ini tentu saja banyak benarnya karena bentukan trombus yang terlalu besar akan menyebabkan pembuluh darah jantung tersumbat dan bisa menyebabkan serangan jantung.

Diungkapkan pula jika flavanols yang terdapat dalam biji kakao memiliki efek biokimia menurunkan pembentukan gumpalan darah yang mirip dengan cara kerja aspirin tetapi efeknya tentu lebih rendah dari aspirin. Beberapa pendapat lain yang berkembang dalam hubunganya mengenai kegunaan cokelat dalam menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler antara lain : menurunkan tekanan darah, menurunkan oksidasi LDL kolesterol, dan mempunyai efek anti inflamasi. Sayangnya semua itu masih memerlukan penelitian lanjutan untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

Coklat juga dapat menurunkan tekanan darah dan resistensi insulin kita. Menurut penelitian yang dilakukan di Italia dengan membandingkan 15 orang sehat yang diberikan cokelat yang mengandung flavanols dan coklat yang tidak mengandung flavanols untuk kemudian diamati selama 15 hari, ditemukan bahwa resistensi insulin (faktor resiko kencing manis) pada kelompok yang mengkonsumsi cokelat yang ber-flavanols, sangat jauh menurun. Tekanan darah sistolik juga menurun pada kelompok ini.

Selain itu, coklat juga bermanfaat untuk memperbaiki sirkulasi darah arteri. Orang sehat yang mengkonsumsi cokelat tinggi flavanols yang menurut para ahli memiliki sirkulasi darah arteri yang bagus. Diungkapkan pula pada orang yang rajin mengkonsumsi cokelat tinggi flavanols, kemampuan pembuluh darahnya untuk berelaksasi sangat tinggi. Tentu saja semua ini sangat berguna untuk kesehatan jantung.

Khasiat coklat untuk kesehatan adalah sebagai antioksidan, antioksidan dalam coklat diperoleh dari biji kakao yang mengandung antioksidan flavonoid yang berguna untuk menahan radikal bebas. Namun, khasiat antioksidan ini sangat tergantung dari kadar kakao dalam coklat yang anda konsumsi, semakin besar kadar kakaonya, maka semakin besar manfaat antioksidan dalam sebatang coklat. Untuk melihat kadar antioksidan dalam coklat dapat dilihat pada komposisi di luar kemasan coklat tersebut atau dapat pula dari warna coklat itu sendiri, semakin gelap suatu coklat, semakin besar kadar kakao yang terkandung di dalamnya. Khasiat antioksidan yang terkandung dalam flavonoid dalam biji kakao sebanding dengan 6 apel atau 4,5 cangkir teh.

Selain sebagai antioksidan, coklat juga berkhasiat membantu tubuh beristirahat atau mengurangi susah tidur. Khasiat ini terkandung dalam protein yang terkandung dalam biji kakao, protein yang kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin.

Khasiat lainnya adalah coklat mampu mensuplai kalsium dan magnesium untuk tubuh. Oleh karena itu coklat bermanfaat untuk membuat anda bersemangat kembali.

Jadi khasiat coklat untuk kesehatan anda, yaitu:
1. Antioksidan untuk menangkal radikal bebas
2. Membantu tubuh beristirahat atau mengurangi susah tidur
3. Membuat bersemangat kembali

Namun coklat yang telah bercampur dengan susu cenderung menghasilkan banyak lemak, itulah sebabnya coklat batangan dengan kadar susu yang tinggi dihindari karena dapat menyebabkan kegemukan. Setelah mengkonsumsi coklat sebaiknya anda banyak mengkonsumsi air putih untuk menghindari resiko batu ginjal.

Pada intinya, cokelat murni sangat baik bagi kesehatan kita. Untuk cokelat favorit kita, kebanyakan telah tercampur dengan susu sehingga kadar lemaknya memang lebih tinggi. Be Health With Chocolate !

Keep Healthy Always =)



Referensi :
http://www.blogdokter.net/2007/11/17/hidup-sehat-bersama-cokelat/
http://jagakesehatan.wordpress.com/tag/khasiat-coklat/

6 komentar:

  1. nyari cokelat yang masih mengandung kakao dimana yah?

    BalasHapus
  2. cocoa van houten juga bisa =)

    BalasHapus
  3. cocoa agak pait2 tapi enak banget... heheheh...

    BalasHapus
  4. Apapun makanannya, selama ada unsur cokelatnya, saya suka.

    Tapi tetap kan, yang berlebihan itu berbahaya.

    BalasHapus
  5. Apapun makanannya, selama ada unsur cokelatnya, saya suka. hehehe...
    Tapi tetap saja kan, yang berlebihan itu berbahaya.

    BalasHapus

punya komentar, kritik, dan saran? silakan tulis disini.. ;)

Health Videos

Supported by :

Supported by :