07 Juni 2009

Makanan tak terduga yang menggemukkan

Beberapa makanan yang paling sering dipakai untuk diet nurunin berat badan ternyata justru menggemukan lho. Menurut seorang dosen Fakultas Kedokteran di salah satu perguruan tinggi di Bandung, Dr. Wirdah Thahir, produk rendah lemak yang laku keras sebenarnya malah bisa bikin badan gemuk.

“Lemak yang dihilangkan biasanya diganti dengan gula agar makanan tetap terasa enak,” katanya.

Beberapa makanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Selai kacang tanah yang lemaknya dikurangi—Reduced far peanut butter
Untuk menggantikan lemak yang dihilangkan, sebagian besar produsen menambahkan gula ke dalam makanan. Akibatnya, jumlah kalorinya sama. Makanan ini akan membuat kita cenderung makan lebih banyak.

Havermut instan
Menurut Elizabeth Somer, M.A, R.D., dalam 10 Habits that Mess Up a Woman’s Diet, havermut instan juga ditambahkan gula. Jika havermut polos sangat bergizi, jenis yang diberi rasa mengandung kalori yang dua kali lipat lebih banyak.

Creamer Kopi
Setiap 2 sendok makan mengandung 80 kalori. Jadi, ganti dengan creamer bebas lemak yang hanya mengandung 20 kalori untuk setiap 2 sendok makan.

Soda Diet
Minum 1 soda diet dalam sehari dapat meningkatkan resiko menjadi kelebihan berat badan sampai 65%. Kemungkinan ini disebabkan karena rasanya yang manis membuat tubuh kita mengharap kalori lebih. Karena ternyata tidak ada kalori, tubuh kita lalu menginginkan sesuatu yang mengandung kalori. Dr. Wirdah menyarankan lebih baik ganti soda diet dengan air putih.

“Pemanis buatan biasanya memang mengurangi kalori, tapi sekaligus mengacaukan kemampuan tubuh dalam menghitung kalori,” ujarnya menutup obrolan.


Keep Healthy Always =)





2 komentar:

  1. aku sebenarnya suka sekali olahraga..tetapi setiap mau olahraga, ales..itu knapa yah??hahah

    BalasHapus
  2. itu karena tidak ada keinginan yang kuat untuk hidup sehat heehe

    Ditingkatkan yaa !

    BalasHapus

punya komentar, kritik, dan saran? silakan tulis disini.. ;)

Health Videos

Supported by :

Supported by :