01 Juni 2009

Lingkaran Hitam Pada Bawah Mata


Munculnya lingkaran hitam pada mata dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh kita. Lingkaran hitam pada mata bisa jadi disebabkan oleh anemia yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang serius dan memerlukan perhatian khusus.

Cobalah cek kepada dokter pribadi Anda sehingga bila terjadi kasus seperti itu dapat segera melakukan tes darah sebagai tindakan antisipasi. Selain anemia, lingkaran pada mata juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan

Bayangan gelap pada mata bisa juga disebabkan oleh penumpukan karbon ringan akibat kurangnya hydrochloric acid di bagian perut. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan vitamin B6 serta asam folat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 30 persen dari populasi manusia disinyalir tidak mampu menyerap vitamin B6 dan asam folat seperti 70 persen yang lain. Mungkin Anda adalah salah satu diantaranya! Sebaiknya Anda mengasup dua nutrisi tersebut dalam bentuk multivitamin.

Selain itu, faktor alergi juga kerap menjadi penyebab utama yang mendorong timbulnya dark circles pada area bawah mata. Alangkah baiknya jika Anda membicarakan pada dokter kulit Anda untuk mencari tahu kemungkinan apa saja yang dapat menyebabkan alergi sehingga menimbulkan lingkaran hitam pada mata. Sekali lagi, biasanya reaksi ini akibat kekurangan vitamin B6, asam folat, dan B12

Waktu tidur Anda yang seringkali kurang juga dapat menyebabkan munculnya dark circle. Kurangnya waktu istirahat yang optimal , disertai dengan penyerapan vitamin yang buruk dapat juga mengurangi fungsi ginjal. Semakin rendah fungsi ginjal, semakin rendah pula vitamin B6 yang diserap. Akibatnya, semakin buruk kinerja kelenjar-kelenjar pada ginjal. Alhasil Anda akan terjebak pada lingkaran pola hidup yang tidak sehat. Agar kinerja ginjal membaik, Anda sebaiknya banyak beristirahat serta mengasup multivitamin seperti yang mengandung kalsium dan magnesium.

Untuk menanggulangi lingkaran hitam yang ada pada bawah mata, selain memeriksakan ke dokter juga Anda bisa mengaplikasikan krim mata khusus. Krim mata yang dianjurkan adalah yang mengandung vitamin K dan retinol. Banyak kasus orang yang mengalami dark circle ini karena kekurangan vitamin K. Kedua zat tadi juga mampu mengurangi pembengkakan pada mata serta perubahan pada warna kulit. Pakailah krim mata yang dianjurkan dokter dan yang cocok dengan jenis kulit Anda secara teratur.

Hasil survei juga membuktikan janganlah Anda membiasakan menggosok mata karena dapat menyebabkan iritasi dan memecah pembuluh kapiler kecil di bawah kulit. Akibatnya, daerah periorbital di area mata akan membengkak dan lebih gelap. Tak lupa, perhatikan pula konsumsi kadar garam Anda. Kelebihan garam dapat mengikat air pada bagian-bagian tertentu.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat melumpuhkan sistem sirkulasi yang mengakibatkan pembuluh darah bawah kulit tampak kebiruan. Oya, satu lagi Anda juga perlu menghindari rokok baik menghirup asapnya atau mengonsumsi rokok. Rokok dapat menyebabkan pembuluh darah vaskuler tampak lebih menonjol serta warnanya menggelap. Mulailah pola hidup sehat dari saat ini dan Anda akan merasakan manfaatnya kelak !

1 komentar:

  1. ooo...kurang vitamin K toh....i see...again..nice info!

    BalasHapus

punya komentar, kritik, dan saran? silakan tulis disini.. ;)

Health Videos

Supported by :

Supported by :